P3MP Kodim 0309/Solok, Babinsa Dorong Perekonomian Mayarakat di Sektor Pertanian

    P3MP Kodim 0309/Solok, Babinsa Dorong Perekonomian Mayarakat di Sektor Pertanian

    SOLOK -   Masih dalam rangka P3MP (Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif),  khususnya di sektor pertanian, Koramil 04/Payung Sekaki Kodim 0309/Solok melalui Babinsa Serda Hendri Martha terus berupaya membantu mendorong peningkatan perekonomian masyarakat.

    Dengan menggandeng masyarakat setempat, Babinsa melakukan penanaman bawang merah dan terong di area seluas 0, 25 Ha milik Al, di Jorong Kubang Nan Duo, Nagari Sirukam, Kecamatan Payung Sekaki, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Senin, 30 Mei 2022.

    Babinsa Serda Hendri Martha secara aktif juga memberikan pendampingan kepada para petani yang ada di Nagari binaannya, dengan tujuan memberikan motivasi dan mendorong perekonomian para petani sekaligus meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19.

    Selain melakukan pendampingan, dia juga kerap melakukan diskusi dan bertukar pikiran guna membahas kendala yang dihadapi serta mencari solusi secara bersama-sama terhadap kendala yang ada, khususnya pada budidaya tanaman cabai dan terong tersebut.

    “Terlebih dengan merebaknya serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT), yang seringkali membuat petani melakukan pengendalian dengan menggunakan pestisida kimia. Pestisida kimia banyak digunakan karena dapat diaplikasikan dengan mudah dan hasilnya dapat dirasakan dalam waktu yang relatif singkat serta dapat diaplikasikan dalam areal yang luas, ’ terang Serda Hendri Martha.

    Seperti halnya yang dilakukan hari itu, Babinsa Serda Hendri Martha dengan petani melakukan perawatan tanaman bawang merah dan penyemprotan pestisida agar tidak dihinggapi hama tanaman. Adapun usia tanaman berumur 69 hari, terhitung dari proses awal pengolahan lahan sampai dengan sekarang.

    Dalam kesempatan itu, Babinsa juga mengajurkan kepada masyarakat petani agar dapat mengurangi pemakaian zat bahan kimia, bahkan sebisa mungkin tidak menggunakannya. Hal itu mengingat dampak pemakaian zat kimia terhadap tanaman secara terus menerus dapat menurunkan kesuburan tanah, mencemari air, pertumbuhan tanaman tidak normal, dan yang paling berbahaya bagi kesehatan masyarakat yang mengkonsumsinya.   (MC/Amel)

    Solok Sumbar
    JIS Sumbar

    JIS Sumbar

    Artikel Sebelumnya

    P3MP Bidang Pertanian, Babinsa Anjurkan...

    Artikel Berikutnya

    Menpar Ekraf Puji Potensi Wisata Kabupaten...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Polri TV: Transparan - Informatif - Terpercaya
    Tony Rosyid: Ikut Pilgub Jakarta, Anies Disambut Antusias Para Pendukungnya
    Bakamla RI Persiapkan Patroli Terkoordinasi "Operasi Gannet-8"
    Agar Berjalan Dengan Lancar Dan Tertib, Babinsa Koramil 1710-02/Timika Pantau Dan Monitoring Kegiatan Pasar Murah
    MTsN 10 Pesisir Selatan Adakan Acara Perpisahan Kelas 9 Sebanyak 192 Orang, Kepala Madrasah Tidak Hadir

    Ikuti Kami